6 Cara Menabung Di Rumah Ini Bisa Bikin Keuanganmu Aman!

Selain itu, jika Anda memiliki catatan kredit yang bersih, maka pengajuan KPR lebih mudah disetujui oleh pihak bank. Bila Anda tidak memiliki uang yang tersimpan pada akhir bulan, sebaiknya jangan menggunakan kartu kredit untuk membiayai pengeluaran Anda. Bagi perempuan terasa menyenangkan bila menyimpan uang dalam bentuk emas atau logam mulia, terutama dalam bentuk perhiasan. Hal demikian karena selain logam mulia memiliki nilai yang cenderung naik tiap tahunnya, logam mulia dalam bentuk perhiasan dapat dipakai dan digunakan, sehingga mempercantik tampilan. Sedangkan bagi yang ingin menyimpan uang dengan nominal cukup besar dan tidak dapat diambil dengan bebas dapat menggunakan jasa deposito yang ditawarkan bank.

Zaman sekarang sudah banyak jalan untuk menabung emas tanpa ribet, misalnya melalui produk tabungan emas di Pegadaian, aplikasi tabungan emas digital, dan lain sebagainya. Untuk menyisihkan uang , kita juga harus pandai dalam berbelanja. Maksud dari pandai dalam berbelanja adalah, membeli barang yang hanya dibutuhkan saja dan mencari barang keperluan dengan harga yang lebih murah. Dan bila perlu membeli barang-barang keperluan yang sedang dalam diskon.

Lantas bagaimana jika pengeluaran bulanan kita terlalu besar, sehingga sulit untuk menyisihkan dana untuk menabung? Dimulai dengan mencatatkan pemasukan rutin-mu setiap bulan seperti gaji, keuntungan bisnis, pekerjaan sampingan, komisi penjualan, atau pemasukan lain yang didapatkan setiap bulannya. Jika memiliki penghasilan yang tidak tetap, kamu bisa memberikan nilai rata-rata yang cukup stabil sebagai estimasi. Uang untuk menabung pada dasarnya didapatkan dari pemasukan setelah digunakan untuk pengeluaran. Dengan memiliki pencatatan keuangan yang jelas, kita bisa mengerti bagaimana mengalokasikan anggaran untuk menabung. Atau dengan nominal Rp10.000 setiap hari, maka tabungan dalam celengan untuk setahun bisa terkumpul Rp3,6 juta.

Tapi tetap saja ada kemungkinan Anda akan kehilangan uang Anda. Bila Anda ingin membeli bitcoin, Anda harus memiliki dompet bitcoin. Untuk investor dari Indonesia, dompet bitcoin yang paling praktis digunakan yaitu BITX atau Blockchain.information.

Cara berhasil menyimpan uang

Kebutuhan saat ini memang perlu dipenuhi tetapi kebutuhan di masa yang akan datang juga harus dipersiapkan dari sekarang dengan cara menabung. Walaupun nanti tujuanmu sudah tercapai, tetap jaga kebiasaan menabung dan buat tujuan baru yang membuatmu tetap bersemangat untuk menabung. Khusus buat yang sering naik kendaraan umum, sedia uang elektronik saja tentunya gak akan aman.