Inilah Bedanya Antara Balik Modal Dan Break Even Level Bep

Padahal, banyak variabel yang harus dipertimbangkan untuk menganggap kita sudah BEP atau balik modal atau belum. [newline]Gabungan produk yang termasuk dalam penjualan juga tak berubah dan merupakan variasi pembentuk whole gross sales. Atau, jumlah pendapatan yang diperlukan agar tercapai kembali modal. Nantinya, setelah tahu berapa lama bisa BEP, perusahaan akan dapat memprediksi kapan keuntungan itu mulai terjadi. Perusahaan bisa memberikan nilai investasi yang tepat sehingga bisa mengimbangi biaya awal untuk produksi. Untuk lebih mudah memahami, berikut contoh soal perhitungan BEP perusahaan.

Biaya ini adalah biaya yang harus keluarkan, walaupun kamu tidak menjual produk sama sekali. Apakah kamu adalah seorang pelaku bisnis yang ingin menghitung laba bisnis? Atau mungkin kamu pengin tahu, dalam berapa tahun perusahaan dapat menghasilkan keuntungan bisnis? Barangkali juga kamu ingin tahu kapan usaha bisnismu mengalami balik modal?

Adapun biasanya harga jual akan dihitung per unit setelah diproduksi. Perusahaan juga bisa mengetahui efek perubahan harga jual, biaya dan quantity penjualan terhadap laba yang didapatkan dengan memakai perhitungan BEP. Pendapatan adalah perhitungan hasil yang diperoleh dari penjualan. Jumlah pendapatan atau penghasilan ini diperoleh dari harga jual dikalikan dengan jumlah produk yang sudah terjual. Fungsi dari nilai pendapatan ini adalah untuk proyeksi pendapatan pada periode berikutnya dengan nilai keuntungan dan/atau jumlah unit dan harga yang berbeda. Dalam akuntansi, cara menghitung BEP ditentukan dengan membagi complete biaya tetap yang terkait dengan produksi dan pendapatan per unit individu dikurangi biaya variabel per unit.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembalian modal adalah kisaran periode tertentu guna mendapatkan pengembalian besaran nilai investasi yang diberikan di muka. Payback PeriodSecara umum, arti dari payback period dapat diartikan sebagai pengembalian modal investasi dalam jangka waktu tertentu. Istilah ini merujuk kepada periode maupun jumlah tahun yang dibutuhkan guna mengembalikan nilai investasi semula. Tidak heran rasanya apabila dalam bahasa Indonesia, istilah ini lebih dikenal dengan sebutan pengembalian modal. Sebuah perusahaan pasti akan melakukan analisa BEP yang tujuannya untuk mengetahui whole biaya dan pendapatannya. Selain itu agar bisa digunakan untuk menentukan goal penjualan baik target harian atau bulanan.

Menghitung titik balik modal suatu usaha

Jangka waktu balik modal yang menggunakan payback period biasanya menghasilkan angka yang lebih menarik dibandingkan dengan ROI . Hal ini dikarenakan akumulasi laba yang diperhitungkan biasanya mengabaikan unsur bunga pinjaman, pajak tahunan, depresiasi dan amortisasi. Payback period dimaknai saat ketika akumulasi EBITDA mencapai nilai Capex . Jadi pernyataan BEP sebaiknya diluruskan dan diseragamkan pemahamannya menjadi titik impas menurut Laporan Laba Rugi, dan memperhitungkan biaya sewa yang wajar .

Break even point atau BEP adalah titik impas dari aktivitas bisnis, artinya Anda akan memperoleh pengembalian modal dalam jumlah yang sama, tidak lebih dan tidak kurang. Semuanya dapat diketahui ketika Anda melakukan analisa break even level. Ditambah lagi dengan deskripsi dnegan grafik BEP, Anda akan lebih mudah melihat historis volume penjualan.

Selengkapnya di weblog Jurnal By Mekari disini termasuk contoh perhitungan BEP dengan menggunakan rumus BEP rupiah dan unit. Kalau anda tetap meletakkan harga Rp5 juta/lembar pada akta, maka akan terjadi selisih pada ekuitas di pembukuan. Padahal, nilai pada akta harus berdasarkan pada pembukuan. Selain itu, untuk pengesahan akta perubahan oleh pemerintah diperlukan bukti setoran modal ke rekening perusahaan — dimana anda tak bisa membuktikan adanya setoran senilai Rp 6 miliar. Hal yang cukup penting untuk kita lewatkan, BEP atau Break Event Point.