Kim, Sarana Menuju Digitalisasi Umkm

Dalam menyikapi downside ekonomi dunia yang semakin tidak menentu bahkan sudah mendekati terperosok dalam jurang krisis, terutama akibat dampak wabah covid 19. Maka sistem ekonomi Islam dapat menjadi solusi terbaik untuk pemulihan dan pengembangan kehidupan ekonomi yang lebih baik, baik dari sisi makro maupun mikro. Saat ini Youtube dianggap sebagai situs media sosial paling penting dan populer di dunia. Berbagai stasiun televisi, perusahaan produsen film Kingkong Games, distributor rekaman dan perusahaan lain menggunakan Youtube untuk mempromosikan produk dan jasanya.

Menggunakan bisnis sebagai sarana networking

Melaluisocial media, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dari kompetitor. Dari informasi yang didapat, Anda dapat menganalisa informasi tersebut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor untuk meningkatkan strategi pemasaran. Setelah pelanggan memberikan respon melalui social media, sebagai perusahaan yang baik, Anda harus menanggapi semua suggestions dengan baik dan cepat.

Jika eksperimen di atas berjalan lancar, Anda akan mendapatkan information yang menunjukkan satu media yang paling sesuai untuk bisnis on-line Anda. Kemudian mulai arahkan usaha dan sumber daya untuk menunjukkan daya tarik produk Anda ke satu media sosial tersebut. Nampaknya media sosial satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis on-line.

Teknologi saat ini melahirkan suatu jaringan web yang mempermudah masyarakat untuk melakukan segalanya. Saat ini banyak kita jumpai media sosial sebagai sarana atau media dalam perkembangan perekonomian suatu bangsa. Tidak hanya situs jejaring sosial facebook media sosial lainnya seperti weblog, twitter, instagram dan aplikasi marketplace kini menjadi jalur dalam strategi komunikasi pemasaran yang langsung dapat diterima oleh pengguna internet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pemahaman yang berdasarkan pada metodologi dan menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Lebih lanjut, fenomena ekonomi digital ternyata sudah berjalan dengan baik karena sebagian besar pelaku usaha sudah menggunakan media sosial sebagai alat promosi.

Berkaitan dengan e-commerce, Shopee menghadirkan fitur Shopee24, platform yang membantu pengiriman barang di platform-nya dapat diterima konsumen dalam waktu 24 jam saja. Di luar itu, perusahaan mendukung sepakbola nasional agar semakin baik dengan menempatkan diri sebagai sponsor Shopee Liga 1. Setidaknya fokus para pemain e-commerce, untuk bersaing dengan kompetitor baik yang satu ranah maupun dengan social commerce, saat ini mengarah pada bagaimana konsumen betah berlama-lama di dalam aplikasi mereka untuk melakukan berbagai aktivitas. “Kami hadir di platform-platform di mana target audience kami berada, contohnya di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube. Ketiganya adalah medium yang tidak hanya kami gunakan untuk memberi replace, tapi juga buat engage dengan pelanggan kami,” ucap Head of Marketing Zalora Indonesia Dwi Ajeng. “Kami melihat bahwa social commerce sebagai bagian dari e-commerce, itu terbukti dengan fitur social commerce yang kami gunakan di akun Instagram Shopee,” ujar Country Brand Manager Shopee Rezky Yanuar.

Data pengalaman konsumen yang didapatkan melalui jejaring sosial dapat dimanfaatkan sebagai dasar untuk membuat keputusan lebih baik ke depannya. Media sosial menyediakan platform terbuka yang memungkinkan pemilik bisnis on-line untuk berkomunikasi dua arah dengan konsumennya. Jadi kanal advertising ini tidak hanya berfungsi untuk mempromosikan produk, tetapi juga sebagai media untuk mendengarkan konsumen. Sediakan tempat bagi pelanggan untuk mengetahui setiap produk dan produk baru yang Anda tawarkan. Anda dapat meningkatkan kesadaran konsumen dengan memberikan penawaran-penawaran terbaik yang bisa membuat mereka tertarik dan ingin mengetahui lebih element mengenai produk yang ditawarkan.

Uniknya, bisnis MLM tidak seperti bisnis lainnya yang membutuhkan modal yang besar dan kemampuan yang tinggi. Karena suatu manajemen yang mengelola MLM biasanya akan memberikan tambahan pengetahuan bagi anggotanya, baik itu berupa seminar, maupun pelatihan langsung mengenai teknik-teknik pemasaran untuk menjalankan bisnis tersebut. Banyak perusahaan mencoba untuk membuat konten video yang kreatif dan menarik. Jika Anda ingin menggunakan YouTube sebagai alat pemasaran, maka lebih perbanyak lah konten video yang bersifat instruktif.