Pemerintah Tetapkan Ppkm Level Four Jawa

Mal di Tangerang Selatan juga tutup akibat pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat sejak Sabtu (03/07). Untuk membatasi mobilitas, toko-toko tutup sampai tanggal 20 Juli, restoran hanya melayani makanan yang dibungkus atau dibawa pulang. [newline]“Kalau bisa lebih spesifik sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing, tapi tidak melampaui apa yang sudah diatur dalam Inmendagri yang berlaku secara nasional,” tegasnya. Sebelumnya, Pemerintah Kota Jambi secara resmi mengumumkan pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 di Kota Jambi. Direncanakan pengetatan PPKM Level IV baru diberlakukan pada Senin depan tanggal 23 Agustus 2021. IDXChannel – Dalam upaya membantu Pemerintah Kota Jambi memutus mata rantai Covid-19 di Kota Jambi, dalam melakukan pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level four di Kota Jambi, Polresta Jambi akan memperketat 24 titik penyekatan di Kota Jambi. Selama PPKM Level four, banyak warga masyarakat Busang, Kutai Timur, memilih tinggal dan tidur di ladang.

Peraturan dan ketentuan PPKM Level four, three, dan 2 di Jawa Bali tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level four, Level three, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali. “Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, atas arahan Bapak Presiden Republik Indonesia, maka PPKM Level four, three dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang sampai tanggal 23 Agustus 2021,” kata Luhut. Sebelumnya, Pemerintah telah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level four untuk Jawa-Bali.

PPKM Level 4

Penetapan stage wilayah berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Pasalnya, di dalam aturan tersebut, setiap aturan pembatasan yang berlaku pada PPKM stage four berlaku pula pada PPKM stage three. Keterisian tempat tidur di sejumlah RS Pulau Jawa ataupun dalam skala nasional itu mengalami penurunan setelah pemerintah menerapkan kebijakan perpanjangan PPKM degree four dalam beberapa waktu belakangan. Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah mengizinkan masyarakat untuk melakukan kegiatan olahraga di space terbuka, namun dengan sejumlah kententuan.

Liputan6.com, Makassar – Pemerintah Kota Makassar resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level four di Kota Makassar. Kabupaten/Kota yang masuk dalam wilayah PPKM Level four yaitu Kabupaten Jembrana, Kabupaten Bangli, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Buleleng, dan Kota Denpasar. Kabupaten/Kota yang masuk dalam wilayah PPKM Level 4 yaitu Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Cilegon.

Masyarakat diimbau untuk di rumah saja guna mencegah diri dan orang sekitar terinfeksi virus corona. Penentuan level berdasarkan kemampuan kapasitas respons sistem kesehatan seperti testing, tracing, dan perbandingannya dengan kapasitas pengobatan rumah sakit mengatasi tingkat transmisi penularan virus di satu wilayah. Menurutnya, faktor yang menjadi pertimbangan pemerintah pusat yaitu karena tingginya mobilitas masyarakat dan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan di sana kembali longgar. Di dalam instruksi Mendagri tersebut dijelaskan, PPKM Level 4 adalah pemberlakukan pembatasan kegiatan di Jawa dan Bali dan disesuaikan dengan kriteria stage situasi pandemi berdasarkan hasil assesment atau penilaian.

Adapun PPKM Level four ini diperpanjang dari sixteen Agustus 2021 sampai 23 Agustus 2021. Jakarta, CNBC Indonesia – Sebanyak 8 kabupaten/kota di Jawa mendapatkan kado istimewa saat HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia. Mereka keluar dari belenggu PPKM Level 4 dan turun ke level 3 serta mendapatkan pelonggaran dalam aktivitas sosial dan ekonomi.