Tak Cuma Masuk Mal, Akses Transportasi Juga Wajib Scan Sertifikat Vaksin

Kewajiban kartu vaksin untuk beberapa kegiatan disebut pemerintah sebagai upaya menggenjot program vaksinasi nasional serta memetakan daerah prioritas vaksinasi. “Usia di bawah 12 tahun dilarang memasuki pusat perbelanjaan atau mall. Bioskop dan tempat bermain anak di dalam juga masih ditutup,” jelasnya. Pertama, menunjukkan kartu vaksin tidak sesuai anjuran pemerintah lantaran terdapat sejumlah data privat.

Hal itu dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat vaksin yang ada dalam aplikasi peduli lindungi. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan , Oke Nurwan, menegaskan bagi yang belum atau tidak divaksin karena alasan kesehatan juga harus memiliki surat keterangan dokter. Jika tidak, maka meski memiliki hasil antigen dan PCR negatif, tetap tidak diizinkan masuk ke mal. Syarat sertifikat vaksin COVID-19 untuk pengunjung mal atau pusat perbelanjaan khususnya di DKI Jakarta, merupakan upaya pemerintah merelaksasi aturan penanganan pandemi. Sejumlah pihak meragukan efektivitas syarat tersebut dalam menekan risiko penularan virus Corona.

Sebelumnya sempat viral seorang pengunjung dilarang masuk mal karena tidak bisa menunjukkan sertifikat vaksin di aplikasi Peduli Lindungi, padahal dia telah menjalani vaksinasi Covid-19 lengkap di luar negeri. Seperti diketahui syarat wajib vaksin untuk masuk mal adalah program ujicoba yang diterapkan pemerintah untuk mengendalikan pandemi Covid-19, sekaligus menggerakan kembali roda ekonomi di pusat perbelanjaan. “Setiap orang yang masuk ke space mal wajib scan QR Code tersebut untuk examine in serta menunjukkan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi,” kata Annisa.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia alias APPBI DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat menyebut di setiap mal yang buka sudah terpasang QR code. Ketiga, adalah warga dengan penyakit bawaan alias komorbid yang tidak bisa divaksin. Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mengizinkan sejumlah pelonggaran selama masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level four di Ibu Kota pada Agustus 2021. Bioskop, tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan ditutup.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah memutuskan melakukan uji coba pembukaan mal di four kota dalam masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat stage four. Lippo Mall Kemang mewajibkan setiap pengunjung yang akan memasuki area mal wajib sudah mendapatkan vaksin Covid-19. Mal yang berlokasi di Jakarta Selatan ini akan melakukan program check-in dan check-out di space mal melalui aplikasi PeduliLindungi. Mal lain di Jakarta Pusat yakni Senayan Park juga mewajibkan para pengunjung untuk menunjukan sertifikat vaksin sebagai syarat masuk. Lewat aplikasi PeduliLindungi, pemerintah mengoptimalkan pelacakan digital atau digital tracing. Pelaksanaan pelacakan digital ini dilakukan pada setiap pengunjung mal, pusat perdagangan, dan pusat perbelanjaan lainnya.