Upacara Penutupan Olimpiade Tokyo 2020 Dimeriahkan Pertunjukan Musik

Wakil Ketua Umum PB PRSI, Reswanda menjelaskan banyaknya occasion kualifikasi Olimpiade yang batal di berbagai negara karena pandemi, membuat atlet kesulitan mencari kompetisi bergengsi. Dari IOT ini nantinya akan dipilih dua perenang terbaik Indonesia yakni satu putra dan satu putri yang akan didaftarkan untuk bisa berlaga di Olimpiade Tokyo, 23 Juli – 8 Agustus 2021. Dimulai dari ROC, sebenarnya ini merupakan tim bentukan Komite Olimpiade Rusia. ROC dibentuk demi mengakomodir atlet-atlet Rusia berlaga di pesta olahraga terbesar dunia tersebut.

Berbeda dengan badmintontalk yang menyuguhkan seluruh olahraga, Bulutangkis RI hanya menyuguhkan konten bulu tangkis saja. Baik para pemain bulu tangkis Indonesia, maupun para pebulutangkis luar negeri. Mereka membagikan cerita tentang perhelatan seluruh cabang olahraga yang dilombakan di Olimpiade Tokyo 2020.

Para atlet yang memenangkan medali dari dua tim itu, akan diiringi anthem IOC. Mereka juga akan dierikan latar belakang bendera 5 rings, yang jadi identitas IOC. Komite Olimpiade Internasional memberikan kelonggaran kepada mereka untuk membentuk tim sendiri di event internasional, termasuk Olimpiade Tokyo. Tapi, catatannya mereka tak boleh diiringi lagu kebangsaan dan membawa bendera Rusia.

Ini bisa jadi peluang bagi Indonesia untuk setidaknya merebut dua medali emas di cabor bulu tangkis pada Olimpiade Tokyo kali ini. Ketika seorang atlet Rusia meraih podium setelah memenangkan medali emas, lagu kebangsaan Rusia tidak dimainkan. Sebaliknya, musik oleh komposer Pyotr Tchaikovsky, khususnya Konser Piano No. 1, akan dimainkan dalam upacara pengalungan medali. Catatan waktu itu juga melesatkan dia ke tempat kedua dalam daftar pelari tercepat kedua sepanjang masa di belakang Griffith Joyner. Lebih lanjut, ia juga memaparkan teknis pembukaan pada 23 Juli mendatang, rincian upacara medali, dan juga podium yang dibuat dengan plastik daur ulang.

Lalu di Olimpiade Athena 2004 yang berisi 38 atlet dari 14 cabor meraih 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Namun seperti dijelaskan sebelumnya, tim panjat tebing Indonesia terganjal kelas yang dipertandingkan di Olimpiade Tokyo. Kelas Speed yang jadi andalan Indonesia tak dipertandingkan di Olimpiade Tokyo sehingga membuat tim Indonesia terhempas dari persaingan. Di klasemen perolehan medali, Cina mengungguli Jepang dari jumlah perak dan perunggu. Seluruh delegasi Indonesia akan terbang dalam 4 kloter, diawali oleh tim bulu tangkis yang berangkat pada 8 Juli 2021 menuju Kumamoto, untuk melakukan latihan pra pertandingan.